Kelebihan dan Kekurangan 4G LTE

Dibandingkan bersama operator GSM, frekuensi untuk fasilitas Internet bergerak punya Smartfren Telecom mempunyai kelebihan, tetapi terhitung ada kekurangannya. Karena layaknya diketahui, fasilitas 4G LTE punya anak bisnis cahaya Mas berikut berlangsung di dua frekuensi, 2.300 Mhz dan 850 MHz. Baca juga, Cara mengecek nomor kartu smartfren

Cek nomor smartfren

Soal sumber energi pita lebar yang dimiliki Smartfren untuk menggelar 4G LTE cukup powerfull andaikan dibandingkan operator lain. Pada 2.300 MHz, Smartfren mempunyai sumber energi pita seluas 30 MHz, selagi di 850 MHz ada 10 MHz. Tapi harus diingat, keduanya memiliki teknologi yang berbeda, masing-masing time division duplex (TDD) dan frequency division duplex (FDD) untuk menyelenggarakan fasilitas Internet kecepatan tinggi.

Saat perusahaan menggelar fasilitas ini kita memahami ada banyak tahap yang dilalui. Andromax adalah salah satu tahap kita. Karena selagi ini di pasaran, banyak ponsel beredar membantu band 5 atau 850 MHz, tetapi tidak membantu di band 40 atau 2.300 MHz. Bagi kita itu tidak ideal,” kata Direktur Smartfren Roberto Saputra di Shenzen. Untuk menguragi kekurangan tersebut, Smartfren membawa dampak perangkat Andromax untuk bisa mencukupi kebutuhan mereka agar ponsel pintar 4G LTE yang digunakan costumer bisa melayani jaringan di dua frekuensi dan dua teknologi yang berbeda.

Roberto menyebut bahwa teknologi yang Smartfren mengfungsikan selagi ini adalah LTE-Advanced yang awalnya diadopsi di Indonesia. Salah satu keunggulan dari LTE-advanced ini adalah mencampurkan teknologi TDD dan FDD dalam satu perangkat dan jaringan yang disebut Carrier Aggrregation.

Ditambahkan oleh Munir, kepala jaringan smartfren, antara frekuensi 850 MHz dan 2.300 MHz terhitung ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dia menyebut 4G LTE 2.300 MHz bisa berikan kecepatan yang stabil dan tinggi selagi digunakan, tetapi soal cakupan tempat lemah. Sementara di 850 MHz ini penetrasi areanya bisa tinggi, karena idealnya sebenarnya tambah rendah frekuensi tambah tinggi penetrasi wilayahnya. Namun, soal cakupan sebenarnya pendek,” sebutnya.

Nah, bersama Carrier Aggregator inilah fasilitas internet Smartfren bakal menjadi satu kesatuan, yang saling mengisi. Malahan Munir menyebut pihaknya mempunyai teknologi yang bisa membawa dampak ponsel melacak BTS sendiri, andaikan di satu jaringan telah penuh. Sehingga kualitas yang didapatkan bisa lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *